ASUS Vivobook X BAPE

Meta Terbaru Mobile Legends Setelah Project NEXT Meluncur

Meta Terbaru Mobile Legends Project NEXT - Header

Gametren – Seiring dengan berlangsungnya musim ke-18, Moonton kembali menggulirkan sebuah pembaruan ke dalam permainan Mobile Legends: Bang Bang yang termasuk sebagai bagian dari “Project NEXT”.

Pembaruan ini tercatat merombak banyak hal di dalam permainan, termasuk sistem laning (pembagian jalur) dan build item yang secara tidak langsung akan menciptakan Meta anyar.

Beberapa prediksi menyebutkan bahwa Meta lawas seperti 1-3-1 dan Hyper Carry bakal bermetamorfosis menyesuaikan hal itu atau bahkan ditinggalkan oleh para penggemar.

Jika sesuai dengan saran Moonton dalam artikel “Project NEXT Battlefield Updates Guide”, meta seperti 1-1-1-2, 2-1-1-1, atau 1-1-1-1 kemungkinan akan mengisi pertandingan-pertandingan Mobile Legends di masa mendatang.

Supaya kamu tidak kaget dengan berbagai macam Meta baru di atas, mari kita bahas satu per satu pada artikel kali ini.

Meta Terbaru Mobile Legends Setelah Project NEXT

Meta 1-1-1-2 Atau 2-1-1-1 Mobile Legends Setelah Project NEXT

Salah satu perubahan yang dibawa oleh Project NEXT adalah sistem laning di mana kini membagi jalur secara lebih spesifik menjadi Gold Lane dan EXP Lane yang harus dipilih sesuai dengan prioritas kebutuhan hero.

Sejumlah hero yang membutuhkan build item cepat seperti marksman misalnya dapat memilih Gold Lane saat early game (fase awal pertandingan) agar lebih mudah membeli item-item yang dibutuhkan.

Sementara bagi hero yang secara mendasar sudah memiliki atribut cukup kuat sehingga hanya perlu meningkatkan level, mereka dapat menempuh EXP Lane yang mana terletak di sebelah lokasi Spawn Turtle pertama.

Dengan perubahan sistem laning ini, hero carry yang biasanya mengambil jalur tengah untuk mendapatkan buff terpaksa menyesuaikan diri dan berpindah ke Gold Lane supaya bisa cepat berkembang.

Meta Terbaru Mobile Legends Project NEXT - Peta

Perubahan yang dibawa oleh Project NEXT selanjutnya juga memaksa para penggemar untuk melengkapi heronya dengan Battle Spell “Retribution” jika mereka ingin menggunakan item-item Jungle.

Sehingga dengan demikian, mereka yang mengandalkan marksman sebagai carry tentunya perlu mempertimbangkan ulang risiko menggunakan Retribution dan membiarkan hero dengan role lain yang memanfaatkannya untuk berburu buff di hutan.

Supaya lebih berimbang, Moonton pun menghadirkan energy shield untuk melindungi tower yang mana akan memberikan tambahan gold saat diserang dan diruntuhkan sehingga offlaner pun tetap bisa membeli item.

Oleh karena beberapa perubahan di atas, Penggemar yang sebelumnya bergantung kepada formasi 1-3-1 pun tampaknya harus menyelaraskan diri dan membagi peran secara lebih tertata. Formasi 1-1-1-2 atau 2-1-1-1 (tergantung letak Gold dan EXP Lane di dalam pertandingan) yang disarankan oleh Moonton bisa menjadi alternatif.

Formasi yang kemungkinan akan menjadi Meta di musim ke-18 ini membagi hero ke dalam empat jalur di mana fighter (offlaner) di EXP Lane, assassin sebagai Jungler, mage atau assassin di jalur tengah, serta marksman (carry) di Gold Lane bersama Support atau Tank.

Yang mana dengan komposisi ini, marksman harus disiplin memanfaatkan Gold Lane agar cepat berkembang dan membiarkan assassin berburu buff dari monster-monster hutan.

Di sisi lain, assassin (jungler) pun harus berusaha melakukan ganking secara berpindah-pindah sembari mengumpulkan buff agar mereka juga memperoleh EXP dan gold untuk berkembang.

Meta 1-1-1-1 Mobile Legends Setelah Project NEXT

Selain 1-1-1-2 atau 2-1-1-1, meta 1-1-1-1 pun bisa menjadi alternatif tambahan yang tak kalah cocok untuk memanfaatkan berbagai macam perubahan dalam permainan Mobile Legends sekarang ini.

Secara umum, meta baru ini juga menggunakan komposisi yang hampir sama dengan formasi 1-1-1-2 atau 2-1-1-1. Hanya saja di dalamnya, marksman kadang akan  dipaksa untuk bermain secara solo di Gold Lane.

Sementara support atau tank yang membantunya di formasi 1-1-1-2 maupun 2-1-1-1, mereka perlu menjelajah ke berbagai macam jalur untuk membantu hero-hero yang membutuhkan pertolongan ketika marksman sudah aman.

Meta Terbaru Mobile Legends Project NEXT - Item Roaming

Mereka dalam hal ini pun perlu memanfaatkan item-item Roam yang akan memberikan efek pasif untuk mendapatkan gold dan EXP tambahan meskipun tidak secara khusus melakukan farming.

Support atau tank dalam formasi ini pun harus benar-benar jeli melihat peta pertandingan dan menaruh perhatian lebih kepada jungler lawan yang sedang melakukan roaming ke berbagai jalur.

Meta Lain Mobile Legends Setelah Project NEXT

Sebuah Meta biasanya dipopulerkan oleh tim-tim profesional yang bertanding di kasta tertinggi kompetisi Mobile Legends. Namun karena perubahan di atas masih benar-benar baru, saya percaya mereka sekarang belum menemukan racikan strategi yang pas.

Hanya saja seiring berjalannya waktu, tidak menutup kemungkinan mereka akan menemukan sebuah Meta anyar di masa mendatang yang tak kalah menakutkan seperti Hyper Carry atau peredamnya “Diggie Feeder”.

Jadi untuk sementara ini, mari kita belajar memahami perubahan-perubahan dalam Project NEXT sehingga di masa mendatang dapat dengan mudah mengimplementasikan Meta baru tersebut.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment