ASUS Vivobook X BAPE

Cara Refund Game di Steam Jika Salah Beli Agar Dana Kembali

Cara Refund Game di Steam

Gametren – Akses untuk membeli game orisinal di Indonesia saat ini sudah sangat mudah sekali ketimbang tahun-tahun lalu.

Tidak hanya dikarenakan para distributor sudah semakin melirik pasar Asia Tenggara saja, hadirnya berbagai platform distribusi secara digital memberikan kemudahan dalam mendapatkan game orisinal.

Salah satunya merupakan Steam yang menjadi pelopor dalam hal mendistribusikan game PC atau komputer. Selain memiliki katalog yang sangat luas, Steam juga kerap kali mengadakan sale atau diskon besar-besaran yang membuat harga game semakin ramah di kantong.

Steam juga dilengkapi ragam fitur yang membuatnya semakin digemari seperti chat ke sesama pengguna, achievements, badge, dukungan gamepad, hingga streaming ke perangkat lain secara lokal. Namun ada satu fitur yang wajib untuk kamu ketahui, yakni refund.

Apa Sih Fitur Refund Itu?

Fitur refund atau pengembalian dana ditawarkan oleh Steam sebagai bentuk solusi bagi kamu yang mungkin kurang puas dengan game yang telah dibeli. Banyak sekali alasan kenapa refund bisa menjadi pilihan seperti game memiliki banyak bug, PC kurang kuat untuk menjalankannya, hingga sekadar salah beli judul tertentu.

Hanya saja ada syarat yang harus kamu penuhi agar refund yang kamu ajukan tetapi valid. Secara umum, game yang ingin kamu kembalikan harus dibeli tidak lebih dari dua minggu dan waktu permainan tercatat masih kurang dari dua jam.

Setelah memastikan dua hal tersebut terpenuhi, maka kamu bisa langsung mengajukan refund ke Steam agar dana dikembalikan.

Cara Refund Game di Steam

  1. Kunjungi halaman https://help.steampowered.com/en/ lewat browser
  2. Masuk ke menu Games, Software, etc
  3. Pilih game atau produk yang ingin kamu refund dari daftar Recent Products
  4. Kamu juga bisa mencari judul game secara manual lewat kolom pencarian
  5. Tekan menu I purchased this by accident
  6. Pilih I’d like to request a refund
  7. Pilih metode refund yang diinginkan, seperti Steam wallet atau lainnyaSteam Refund 2
  8. Ikut langkah selanjutnya dan konfirmasi
  9. Tunggu informasi dari Steam dalam beberapa hari berikut

Berapa Lama Proses Refund Oleh Steam?

Nantinya Steam akan memroses permintaan tersebut terlebih dahulu, apakah bisa diterima atau tidak. Sepengalaman saya, refund bisa memakan waktu sekitar 2 jam hingga beberapa hari (maksimal 7 hari) agar dana dicarikan ke Steam Wallet maupun kartu kredit.

Jika kamu memilih dana dicairkan ke Steam Wallet, maka dana tersebut baru akan bisa digunakan kembali untuk berbelanja 24 jam berikutnya. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya untuk membeli produk lainnya yang ada di steam.

Sebagai catatan, melakukan refund tidak akan mereset atau menghapus catatan waktu penggunaan. Jika sebelumnya kamu sudah pernah bermain 30 menit sebelum refund, maka kamu jadi hanya punya batas waktu 1 jam 30 menit jika membelinya kembali.

Selain itu kamu juga tidak bisa melakukan refund untuk barang in-game yang dikonsumsi, konten video, gift, dan langganan yang telah terpakai. Akun yang terkena VAC Bans juga tidak bisa melakukan refund sama sekali. Steam juga bisa saja menghilangkan menu refund jika mendeteksi bahwa akun tersebut telah menyalah gunakan fitur refund.

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

2 comments