ASUS Vivobook X BAPE

Wah, Final Fantasy XVI Dapat Label Dewasa Dari PEGI!

Final Fantasy XVI Label Dewasa Header

Gametren – Gim Final Fantasy XVI sementara ini mendapatkan label dewasa dari sistem klasifikasi konten permainan video khusus wilayah Eropa, Pan European Game Information (PEGI).

Perusahaan yang berada di balik pengembangannya, Square Enix, baru saja menunjukkan hal tersebut melalui sebuah pengumuman dalam siaran pers yang dikirimkan melalui surel ke berbagai macam media.

Dalam siaran pers yang secara khusus membahas pengembangan Final Fantasy XVI itu, Square Enix terlihat melampirkan hasil klasifikasi konten dari PEGI untuk gim aksi RPG ini di bagian akhir.

Label konten dari PEGI tersebut menariknya mengindikasikan bahwa sekuel gim Final Fantasy ini lebih baik dimainkan oleh para pemain berusia di atas 18 tahun atau mereka yang sudah dewasa.

Ini secara umum setara dengan label M (Mature) di sistem klasifikasi konten milik Entertainment Software Rating Board (ESRB) untuk wilayah Amerika yang terlihat memberikan klasifikasi berbeda.

Meskipun belum terkonfirmasi secara pasti, label tersebut menunjukkan bahwa gim baru Square Enix ini kemungkinan akan membawa cerita yang lebih gelap dan menampilkan adegan berdarah.

Tidak menutup kemungkinan, gim ini pun akan menghadirkan tema 18 tahun ke atas lain yang menawarkan pengalaman lebih intens dibandingkan dengan semua seri Final Fantasy sebelumnya.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh DualShockers, perbedaan pemberian label gim antara PEGI dan ESRB sebenarnya biasa terjadi meskipun kebanyakan di antaranya berada di jalan yang sama.

Menurut mereka, label yang diterbitkan oleh PEGI pun bisa berubah saat Final Fantasy XVI  meluncur secara penuh di masa mendatang karena sekarang ini gim sedang dalam masa produksi.

Final Fantasy XVI sendiri merupakan proyek besar Square Enix selanjutnya. Bahkan jika keterangan Jason Schreier benar, gim ini sudah dikembangkan sejak tahun 2016 lalu setelah peluncuran Final Fantasy XV.

Setelah memakan waktu pengembangan cukup lama, gim ini pun kabarnya akan segera meluncur dalam waktu dekat untuk konsol mutakhir Sony yang rencananya meluncur pada bulan November 2020 mendatang.

Sejumlah laporan lain pun menunjukkan bahwa gim ini sekarang dikembangkan oleh tim yang sama dengan pengembang Final Fantasy XIV, yakni Square Enix Creative Business Unit III.

Sedangkan di jalur resmi, Square Enix baru saja memperkenalkan gim ini pada awal bulan September 2020 dalam acara PlayStation 5 dengan informasi yang sangat terbatas.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment