ASUS Vivobook X BAPE

Pengembangan Xbox Series S Terkonfimasi Dalam Kemasan Kontrolernya

Xbox Series X Kontrolernya Header

Gametren – Rumor mengenai pengembangan seri murah konsol gim generasi selanjutnya dari Microsoft, Xbox Series S, kembali menguat lewat sejumlah foto kontroler yang baru saja beredar di dunia maya.

Sesuai dengan keterangan yang disampaikan oleh The Verge, seorang pengguna Twitter dengan nama akun @zakk_exe alias Zak S belum lama ini mengunggah beberapa foto kontroler berwarna putih yang diklaim sebagai milik Xbox generasi selanjutnya.

Dalam salah satu foto yang diunggah, Zak S menariknya menunjukkan bagian samping kotak kemasan yang mana mengungkapkan bahwa pengontrol permainan video tersebut akan mendukung sejumlah perangkat termasuk Xbox Series S.

Padahal hingga sekarang ini, Microsoft sendiri belum mengungkapkan secara resmi informasi mengenai pengembangan konsol yang tampaknya akan menjadi versi murah dari Xbox Series X tersebut.

Berbeda dengan Sony yang sangat gencar memperkenalkan pengganti DualShock, perusahaan multinasional asal Amerika Serikat itu bahkan selama ini masih bungkam mengenai bentuk nyata dari kontroler Xbox yang selanjutnya.

Meskipun demikian, laporan yang diterbitkan oleh The Verge untungnya telah memastikan bahwa kontroler berwarna putih dalam foto yang diunggah oleh Zak S di halaman Twitter tersebut merupakan perangkat asli.

Foto kontroler tersebut pun disebut-sebut sesuai dengan sebuah bocoran perangkat yang terungkap pada bulan Juli 2020 kemarin di mana terlihat membawa bentuk D-pad baru, pemicu bertekstur, dan tambahan berupa tombol Share.

Melansir keterangan DualShockers, sebuah laporan yang beredar pada tahun 2018 silam sebenarnya sudah menunjukkan bahwa Microsoft sedang mengembangkan dua jenis konsol generasi mendatang.

Kedua konsol tersebut diberi nama kode “Anaconda” dan “Lockhart”. Yang mana dalam hal ini, perangkat pertama sudah terkonfirmasi sebagai Xbox Series X sementara nama kedua masih dikaitkan dengan pengembangan konsol versi murahnya.

Jika merujuk pemakaian nama dalam serial Xbox, tidak menutup kemungkinan bahwa konsol akan diberi nama dengan Xbox Series S sesuai dengan nama konsol dengan versi yang lebih tinggi.

Berdasarkan laporan lawas The Verge, sebuah dokumen milik Microsoft juga sempat bocor di dunia maya pada bulan Juni 2020 kemarin yang mana mereferensikan pengembangan konsol bernama “Lockhart”.

Kit pengembangan Xbox Series X juga mengungkapkan paket bernama Dante yang akan mengizinkan para pengembang mengaktifkan mode khusus “Lockhart” supaya proyeknya dapat berjalan dengan profil kinerja yang lebih rendah.

Yang mana di dalamnya, profil kinerja tersebut merujuk kepada penggunaan RAM hingga sebesar 7,5 GB, kecepatan CPU yang sedikit diturunkan, serta kinerja GPU berkisar 4 teraflop yang notabene jauh di bawah kemampuan Xbox Series X.

Bagi kamu yang belum tahu, Xbox Series X sendiri kabarnya akan membawa RAM berkapasitas 13,5 GB dan kemampuan GPU yang ditargetkan dapat menyentuh angka 12 teraflop.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment