Gametren

Lebih Modern!! Sony Memperkenalkan Fitur dan Desain Pengontrol DualSense Untuk PS5

Sony DualSense PS5 Header[Dokumentasi Sony]

Gametren – Sony hari ini memperkenalkan desain dan fitur dari pengontrol untuk konsol baru mereka, PlayStation 5 (PS5). Tidak lagi memakai nama DualShock, pengontrol baru itu diberi nama DualSense.

Hideaki Nishino selaku Senior Vice President di Sony Interactive Entertainment mengungkapkan secara lebih rinci mengenai penerus pengontrol DualShock 4 itu melalui sebuah unggahan di PlayStation Blog.

Dalam unggahan tersebut, Hideaki menuliskan bahwa pengontrol baru itu akan membawa beberapa fitur menarik seperti sistem umpan balik haptic baru, pemicu adaptif untuk tombol L2 dan R2, mikrofon bawaan terkonfigurasi, dan tombol Create sebagai bentuk penyegaran.

Sony DualSense PS5 1[Dokumentasi Sony]

Guna meningkatkan pengalaman supaya menjadi terasa lebih nyata di PS5, DualSense dilengkapi dengan sistem umpan balik haptic baru untuk menambahkan berbagai macam sensasi yang bisa dirasakan pengguna saat bermain gim seperti melambatnya kendaraan saat melewati lumpur.

Sensasi yang lebih nyata juga ditambahkan Sony ke dalam PS5 dengan membekali DualSense menggunakan pemicu adaptif untuk tombol L2 dan R2, sehingga pengguna dapat benar-benar merasakan aksi seperti tegangan tali ketika menarik busur untuk menembakkan panah.

Pengontrol PS5 itu juga membawa konfigurasi mikrofon tertanam yang memungkinkan para pemain untuk mengobrol dengan teman tanpa headset. Namun sebagai catatan, Sony menambahkan bahwa dukungan ini sangat ideal untuk memulai percakapan singkat bukan percakapan dalam waktu yang lama.

Alih-alih menggunakan tombol Share kembali, DualSense kini dilengkapi dengan tombol Create untuk menggantikan tombol tersebut yang diklaim bisa menjadi cara baru bagi para pengguna untuk membuat konten yang lebih epik dari alur sebuah permainan video.

Di sisi bentuk, DualSense juga membawa rancangan yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan generasi DualShock yang meluncur sebelumnya. Menurut saya, pengontrol baru itu menawarkan rancangan yang lebih modern.

Sony DualSense PS5 2[Dokumentasi Sony]

Berubah menjadi sedikit mirip dengan model pengontrol Xbox, DualSense membawa tone warna ganda hitam-putih dengan warna putih lebih dominan dan memindahkan posisi light bar yang semula di bagian atas pengontrol ke samping touch pad.

Secara keseluruhan, beberapa perubahan yang diterapkan Sony juga membuat bentuk DualSense menjadi lebih besar. Meski begitu, DualSense telah diuji untuk berbagai ukuran tangan sehingga menghasilkan kenyamanan dan ergonomi pengontrol yang menakjubkan.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment