ASUS Vivobook X BAPE

Kegunaan dan Fungsi Tombol yang Terdapat di Dalam Mobile Legends

Kegunaan Fungsi Tombol di Mobile Legend - Header

Gametren – Bagi sebagian besar pemain baru Mobile Legends: Bang Bang, sejumlah tombol dalam permainan mungkin akan terasa membingungkan karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Padahal untuk memaksimalkan kemampuan hero atau strategi yang sedang digunakan, pemain harus memahami fungsi dari masing-masing tombol itu sehingga bisa menggunakannya dengan tepat.

Mempelajari fungsi dari masing-masing tombol itu sebenarnya mudah untuk dilakukan. Hanya saja di dalamnya, pemain harus banyak berlatih karena kadang-kadang harus menggunakan sebuah fitur tepat pada waktunya.

Apalagi dalam hal ini, Moonton selaku pengembang permainan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) tersebut beberapa waktu yang lalu menghadirkan sejumlah tombol untuk fitur baru yang akan memberikan opsi kontrol lebih mutakhir.

Supaya lebih mudah mempelajari fungsi dan kegunaan tombol-tombol dalam permainan Mobile Legends, saya akan mencoba untuk menjabarkannya secara sederhana pada artikel kali ini.

Secara mendasar, pemain akan mendapati tampilan tombol kontrol hero seperti berikut di bawah ini.

Kegunaan Fungsi Tombol di Mobile Legend - Bagian 1

Yang mana di pojok kiri bawah (nomor 1), pemain akan menjumpai tombol D-pad berbentuk joystik yang bisa digunakan untuk mengontrol atau memindahkan hero ke tempat lain dalam pertandingan.

Pemain selanjutnya akan menjumpai tombol bergambar kapak di sisi sebelah kanan bawah (nomor 2) yang berfungsi untuk memberikan serangan dasar (basic attack) kepada hero, creep, atau minion.

Tombol yang terletak di dekatnya (nomor 3) merupakan tombol kemampuan aktif dari hero di mana masing-masing memiliki konfigurasi dan efek berbeda tergantung bawaannya. Kemampuan pertama hingga ketiga (kadang ada yang keempat) dalam hal ini tersusun berurutan dari bawah ke atas.

Tombol plus berwarna kuning (nomor 4) pun akan muncul seiring bertambahnya level hero dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan aktif hero. Yang mana jika muncul dua atau lebih, pemain bisa menentukan kemampuan mana yang akan ditingkatkan terlebih dahulu.

Tiga tombol yang terletak di samping kiri tombol kemampuan aktif hero (nomor 5 hingga 7) merupakan tombol Spell (berfungsi mengaktifkan Spell yang digunakan Hero), Regen (untuk memulihkan sebagian HP), dan Recall (guna teleportasi menuju ke base).

Sejumlah tombol pembelian item (nomor 8) juga akan muncul di pojok kanan atas halaman jika pemain berhasil mengumpulkan gold dalam jumlah tertentu. Tombol ini bisa disentuh sesuai dengan item yang ingin dibeli untuk melengkapi build item hero.

Untuk melihat pergerakan hero kawan maupun lawan secara lebih seksama atau menandai peta (seperti lokasi tower yang perlu dilindungi), pemain bisa menekan tombol plus (nomor 9).

Selanjutnya, pemain dapat mengetuk tombol roda gigi (nomor 10) jika ingin mengatur sejumlah hal mulai dari pengaturan kualitas gambar, sistem target utama, hingga pengaktifan kontrol yang lebih mutakhir.

Kegunaan Fungsi Tombol di Mobile Legend - Bagian Pengaturan

Dengan mengubah pengaturan tersebut seperti pemilihan kontrol mutakhir (Advanced Aim) dan pengaktifan fitur Hero Lock, tampilan kontrol hero yang didapati oleh pemain pun akan ikut berubah.

Apabila pemain mengaktifkan sistem kontrol mutakhir dan Hero Lock, akan muncul tombol khusus untuk menyerang minion (poin i), merobohkan tower (poin ii), dan mengunci hero lawan (poin iii) seperti gambar di bawah ini.

Kegunaan Fungsi Tombol di Mobile Legend - Bagian 2

Selain sejumlah tombol utama tersebut, terdapat juga tombol tambahan yang tak kalah penting untuk memenangkan pertandingan, seperti tombol untuk melihat statistik pertandingan, mengatur pembelian, dan berkomunikasi.

Bagi pemain yang belum tahu, tombol-tombol ini berkumpul di bagian pojok kanan atas halaman dengan konfigurasi sebagai berikut ini.

Kegunaan Fungsi Tombol di Mobile Legend - Bagian 3

Tombol A untuk melihat statistik pertandingan, tombol B untuk mengatur prioritas item yang akan dibeli, tombol C untuk memberikan perintah singkat, dan tombol D untuk mengirim pesan ke lawan maupun kawan.

Demikian pembahasan mengenai sejumlah tombol di Mobile Legends beserta kegunaan atau fungsinya. Namun perlu diketahui, Moonton saat ini sedang menggarap Project Next sehingga bisa saja tampilan dari tombol-tombol di atas akan berubah.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment