ASUS Vivobook X BAPE

Cara Menjadi Wasit di Mobile Legend Untuk Menjaga Pertandingan Tetap Adil

Cara Menjadi Wasit di Mobile Legend

Gametren – Kamu mungkin sering melihat replay atau siaran ulang pertandingan Mobile Legend dimana tidak hanya dua tim saja melainkan juga ada wasit bukan?

Biasanya pertandingan di Mobile Legend baik itu pada mode Classic maupun Ranked memang tidak memiliki wasit untuk menjaga jalannya pertandingan. Namun berbeda ceritanya jika pertandingan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara turnamen.

Referee atau Wasit bertugas untuk menjaga pertandingan agar tetap bersih dan adil tanpa adanya kecurangan sehingga kedua tim dapat bertanding tanpa ada salah satu pihak yang diuntungkan. Walaupun begitu, seringnya wasit hanya sekedar menunda pertandingan sementara jika terjadi sesuatu.

Selain Wasit, ada juga peran yang disebut sebagai Spectator atau Penonton pada tayangan ulang yang dapat melihat pertandingan secara langsung di dalam game layaknya pemain lain, namun dengan beberapa sedikit perbedaan seperti dapat melihat lokasi kedua tim secara bersamaan.

Yang menjadi pertanyaan, mungkinkan kamu menjadi Wasit mengingat biasanya hanya muncul di pertandingan resmi? Jawabannya tentu bisa karena dua peran tersebut merupakan fitur yang tersedia di dalam Mobile Legend.

Cara Menjadi Wasit di Mobile Legend

  1. Pada halaman utama Mobile Legend, masuk ke menu CustomMobile Legend Home Custom
  2. Kemudian pilih mode ClassicMobile Legend Custom Classic
  3. Undang teman hingga kedua tim penuh (bisa juga menggunakan bot)
  4. Tentukan siapa yang menjadi Wasit di baris atasMobile Legend Custom Wasit
  5. Jika semua sudah dipastikan, tekan Start Game untuk memulai pertandingan

Seperti yang kamu lihat, Wasit hanya tersedia untuk pertandingan Custom sehingga kamu tidak bisa memilih peran tersebut pada pertandingan Classic atau Ranked standar. Maka dari itu, Wasit memang hanya dibutuhkan ketika ada dua tim yang ingin melakukan pertandingan dengan lebih adil, seperti turnamen.

Walaupun begitu, kamu bisa saja menghadirkan seorang atau bahkan banyak Wasit sebagai senang-senang ketika mabar (main bareng) dengan teman agar pertandingan menjadi lebih seru lagi maupun berlatih merasakan bagaimana sebuah pertandingan resmi berlangsung.

Wasit maupun Penonton merupakan fitur yang sudah wajar ada di pertandingan game MOBA, terutama yang sudah cukup besar dengan adanya turnamen tahunan. Maka dari itu, fitur ini kurang lebih akan sama di game MOBA lainnya.

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

Add comment