ASUS Vivobook X BAPE

Apakah Mobile Legends Boros Kuota? Segini Nih Konsumsi Untuk Satu Match

Mobile Legends Bang Bang Hero Miya

Gametren – Game MOBA membutuhkan akses internet secara terus menerus untuk bisa dimainkan, termasuk Mobile Legends Bang Bang.

Hal ini mungkin tidak menjadi terlalu masalah besar bagi pengguna yang memiliki WiFi internet di rumah. Namun berbeda jika kamu mengandalkan paket internet dari operator seluler karena biasanya memiliki kuota terbatas dan harganya bisa cukup menguras kantong.

Sebagai game yang bisa cukup adiktif bagi sebagian orang, bertanding di Mobile Legends sering kali tidak hanya sebatas satu dua pertandingan saja melainkan bisa terus menerus hingga baterai habis. Tentu yang menjadi pertanyaan, apakah Mobile Legends boros kuota?

Apalagi satu pertandingan bisa berlangsung hingga lebih dari 20 menit jika sangat sengit. Nah untuk itu, mari kita lihat bersama.

Konsumsi Kuota Per Match Mobile Legends

Ketika setiap kali menjalankan Mobile Legends biasanya akan sedikit menguras kuota sebesar 1-3 MB sebelum masuk ke halaman utama. Data tersebut digunakan untuk mengambil berbagai informasi maupun pengumuman terbaru di dalam game.

Sementara untuk kuota yang konsumsi untuk satu sesi bermain berada di kisaran 8,2 MB untuk pertandingan selama 20 menit. Namun jika kamu menggunakan fitur Speed Mode membutuhkan kuota lebih besar lagi hingga mencapai 13,14 MB untuk waktu pertandingan yang sama.

Mobile Legends Data UsageAwal – Standar – Speed Mode

Angka tersebut terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan menonton video Youtube selama 20 menit dengan resolusi 720p yang mengonsumsi sekitar 130 MB. Namun jika dibandingkan dengan game lain seperti PUBG Mobile yang kerap hanya menguras sekitar 5-10 MB, tentu data yang dibutuhkan oleh Mobile Legends sedikit lebih tinggi jika menggunakan Speed Mode.

Hal ini berarti kamu bisa bermain sekitar 90 sampai 100 pertandingan secara terus menerus dengan menggunakan paket internet dengan kuota sebesar 1 GB jika data yang digunakan konsisten dalam kisaran 10-15 MB.

Total Penyimpanan Dibutuhkan

Besaran kuota yang dibutuhkan untuk satu kali pertandingan tentunya berbeda jauh dengan Update yang biasanya bisa memakan kuota jauh lebih besar, tergantung dari seberapa banyak peningkatan yang diberikan oleh Moonton.

Namun jika kamu sudah memiliki data terbaru dan Moonton melepas sebuah update, biasanya kamu harus menyiapkan kuota sekitar 25-100 MB untuk mengunduh versi terbaru tersebut.

Mobile Legends Storage Usage

Sementara jika kamu baru install Mobile Legends, secara keseluruhan aplikasi game yang satu ini memakan kapasitas sebesar 3,77 GB ketika tulisan ini diturunkan. Hal ini berarti secara total kamu harus mengunduh data sebesar itu agar seluruh fitur Mobile Legends bisa digunakan, seperti kostum hingga mode permainan.

Apakah Mobile Legends Boros Kuota?

Secara keseluruhan, Mobile Legends tidak terlalu menggunakan kuota yang terlalu besar karena hanya memakan sekitar 10-20 MB untuk satu sesi pertandingan. Maka dari itu, boros atau tidaknya kuota yang dikonsumsi akan lebih tergantung dengan seberapa tinggi intensitas kamu bermain game.

Sementara jika dibandingkan dengan game MOBA lainnya seperti League of Legends: Wild Rift maupun Arena of Valor yang turut menggunakan kuota sekitar 10-30 MB setiap pertandingan tergantung lama sesi, maka kuota yang dikonsumsi oleh Mobile Legends terbilang cukup wajar.

Namun jika dibandingkan dengan game lain yang hanya sekedar membutuhkan koneksi internet untuk terhubung ke server, penggunaan data terbilang di atas.

Gunakan Paket Khusus Agar Irit

Agar kamu tidak terlalu memikirkan apakah kuota yang kamu miliki akan cepat terkuras atau tidak saat bermain Mobile Legends, ada baiknya kamu mengaktivasi paket internet khusus game yang kini sudah ditawarkan oleh berbagai operator.

Misalnya saja Telkomsel memiliki GamesMAX yang tidak hanya menyediakan kuota sebesar 30GB dengan harga Rp 25.000, kamu juga bisa menikmati bonus voucher yang bisa ditukarkan dalam bentuk Diamond untuk kamu gunakan di dalam game.

Telkomsel GamesMax

Operator Tri juga memiliki kartu perdana yang menyasar para gamer bernama H3RO dengan berbagai benefit yang tidak kalah menarik seperti kuota besar, voucher, latensi prioritas, hingga ekosistem gaming secara menyeluruh.

Pastinya, kuota data khusus untuk game akan membuat hidup kamu lebih tenang karena kuota utama kamu yang dibutuhkan untuk aplikasi lainnya tidak akan terpangkas terlebih dahulu.

Ada game lain yang ingin kamu ketahui berapa besar konsumsi kuotanya? Tuliskan saja di kolom komentar.

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

Add comment