ASUS Vivobook X BAPE

Cara Mengatasi Reconnect di Mobile Legend yang Sering Muncul Tiba-tiba

Gadgetren – Mobile Legends Bang Bang atau game online secara umum membutuhkan akses internet secara terus menerus untuk bisa digunakan.

Mengingat sifatnya yang online dimana kamu bermain dan bertemu dengan pemain lain dari seluruh penjuru wilayah, maka dari itu tidak heran jika koneksi internet menjadi kebutuhan utama.

Tidak hanya game online saja, berbagai game masa kini yang single player sekalipun bahkan mengharuskan kamu untuk tetap memiliki akses internet untuk terhubung ke berbagai layanan yang tersedia seperti toko, leaderboard, dan lainnya.

Nah Mobile Legend yang termasuk ke dalam genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dapat menghubungkan hingga 10 pemain sekaligus. Namun jika salah satu pemain disconnected atau hubungannya terputus, maka pemain lain masih tetap melanjutkan pertandingan seperti biasa.

Hanya saja, tim dengan pemain yang disconnected tentu menjadi tidak optimal karena kekurangan pemain sehingga bisa menyebabkan kekalahan. Untuk bisa bergabung kembali, pemain harus melakukan reconnect atau penghubungan kembali.

Nah kamu mungkin pernah mengalami hal yang serupa dan merasa jengkel kenapa bisa terjadi bukan? Agar kamu bisa terhindar dari masalah ini, maka bisa melihat penjelasannya sebagai berikut.

Penyebab Reconnect

Reconnect adalah proses penghubungan kembali pemain ke dalam game setelah koneksi internet terputus sehingga pemain ditendang ke luar dari pertandingan. Biasanya hal ini terjadi ketika koneksi internet pemain terputus selama beberapa detik.

Berbeda dengan jaringan jelek dimana kamu mungkin hanya mengalami lagi atau ping tinggi, koneksi terputus membuat handphone benar-benar tidak bisa terhubung sehingga banyak informasi yang hilang dan harus melakukan penghubungan kembali.

Cara Mengatasi Reconnect di Mobile Legend

Gunakan Jaringan WiFi

Jaringan seluler yang didapat langsung dari operator kartu SIM yang kamu pakai belum tentu selalu bagus dan stabil sehingga dapat menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya koneksi terputus ketika jaringan tengah sangat buruk sekali.

Oleh karena itu mengandalkan jaringan WiFi menjadi solusi utama yang bisa kamu coba, khususnya jika kamu punya jaringan WiFi dari layanan internet rumahan seperti IndiHome, Biznet, maupun lainnya yang mempunyai router dengan dukungan WiFi.

Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan, maka kamu bisa coba menggunakan perangkat MiFi. Berbeda dengan handphone yang harus melakukan berbagai hal, MiFi hanya fokus untuk menangkap jaringan saja dan dilengkapi dengan berbagai antena. Dengan begitu, kualitas sinyal yang ditangkap pun biasanya lebih baik untuk kemudian diteruskan ke handphone melalui WiFi.

Tentu kamu juga bisa memanfaatkan WiFi gratisan di cafe atau tempat nongkrong lainnya jika tersedia di sekitar kamu.

Aktifkan Fitur Network Boost

Moonton selaku pengembang Mobile Legend memberikan opsi Network Boost yang bisa kamu aktifkan melalui menu Pengaturan lalu mengunjungi menu Jaringan. Selanjutnya tekan tombol On untuk menggunakan fitur tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, Network Boost akan memanfaatkan jaringan WiFi dan seluler secara bersama-sama untuk memberikan kualitas terbaik. Misal saat kualitas jaringan operator menurun, maka sistem dapat menggunakan WiFi untuk menambalnya sehingga koneksi dapat terus terhubung dengan baik.

Sebagai korbannya, kuota data dari paket internet seluler kamu akan tetap terpakai meskipun terhubung ke WiFi sehingga pastikan kamu memiliki kuota yang cukup.

Mobile Legend Network Setting

Aktifkan Fitur Speed Mode

Jika tidak memungkinkan untuk terhubung ke jaringan WiFi, maka kamu bisa coba untuk menggunakan mode Speed Mode. Fitur yang satu ini akan membuat game bekerja lebih keras untuk mendapatkan jaringan lebih baik.

Menurut pihak Moonton, Speed Mode dapat mengatasi masalah lag maupun ping tinggi sehingga tidak ada salahnya dicoba untuk meminimalisir koneksi terputus. Hanya saja, Speed Mode menggunakan data lebih banyak dan bisa menyebabkan konsumsi daya baterai lebih tinggi.

Bersihkan Cache dan Tes Koneksi

Mobile Legend menyediakan juga fitur yang bisa kamu gunakan untuk menguji kualitas dari jaringan internet yang kamu gunakan. Fitur tersebut dapat kamu akses dengan menuju Pengaturan > pilih mrnu Network > tekan tombol Network Test di bawah.

Setelah proses pengujian selesai, kamu bisa mengetahui berbagai informasi seperti kekuatan sinyal, jeda jaringan, maupun lainnya. Dengan begitu kamu bisa memastikan apakah memang jaringan kamu yang bermasalah atau bukan.

Mobile Legend Network Test

Nah jika bukan, berarti ada kendala dari data yang tersimpan di dalam Mobile Legend. Untuk memperbaikinya, kamu bisa memilih menu Cache Clearing yang terletak di bawah menu Network Test. Kemudian sistem akan membersihkan cache yang sebelumnya tersimpan dan membuat baru kembali.

Masuk ke Server Terdekat

Kualitas jaringan sebaik apapun tetap tidak akan bisa mengatasi masalah latensi yang disebabkan jauhnya jarak server yang terhubung. Semakin jauh server, maka semakin tinggi juga latensi yang didapat karena data harus melintas lebih jauh.

Maka dari itu para pengembang game online, termasuk Moonton, menghadirkan server untuk berbagai wilayah sehingga pemain bisa mendapatkan pengalaman terbaik. Untuk wilayah Indonesia sendiri biasanya termasuk ke dalam wilayah Asia Pasifik.

Mobile Legend sendiri akan langsung menghubungkan kamu ke server terbaik sehingga kamu sebenarnya tidak perlu memikirkan hal tersebut. Berbeda jika kamu merupakan anggota advance server yang memang bisa mengganti server secara manual.

Hal tersebut hanya berlaku jika kamu tidak menggunakan VPN yang akan menyebabkan jaringan kamu terdeteksi dari wilayah lain. Jadi ada baiknya untuk menonaktifkan VPN ketika bermain Mobile Legend.

Namun VPN juga bisa menjadi solusi jika kamu mengalami masalah tersebut tanpanya sehingga perlu disesuaikan dengan kondisi bagaimana game mengalami reconnecting di game Mobile Legends.

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

Add comment