ASUS Vivobook X BAPE

Kenapa Pemain Mobile Legends Tidak Bisa Pakai VPN Sembarangan?

Kenapa Mobile Legend Tidak Bisa Pakai VPN Header

Gametren – Saat bermain Mobile Legends: Bang Bang, para penggemar tidak bisa menggunakan layanan VPN (Virtual Private Network) secara asal-asalan karena dapat membuat keamanan akun terancam.

Layanan VPN memang akan memberikan sejumlah benefit ke dalam permainan MOBA tersebut. Dengan menggunakannya, penggemar misalnya dapat memindahkan wilayah untuk menemukan lawan yang lebih mudah atau membuat jaringan lebih stabil supaya tidak lag saat bertanding.

Namun di balik beberapa keuntungan itu, sejumlah fakta terkait dengan penggunaan VPN ternyata sangat merugikan karena dapat membahayakan data-data pribadi seseorang termasuk akun permainan Mobile Legends yang dimilikinya.

Kenapa bisa demikian? Bukankah salah satu tujuan menggunakan VPN adalah untuk mengamankan koneksi supaya data-data pribadi penggunanya tidak mudah diintip oleh para orang lain di jaringan publik?

Sesuai dengan namanya, VPN yang secara terminologi dapat disebut juga dengan “Jaringan Pribadi Virtual” memang memiliki sebuah fungsi untuk membuat jalur khusus pada jaringan publik sehingga data-data pengguna bisa terlindungi di dalamnya.

Akan tetapi, sayangnya tidak semua penyedia layanan VPN bisa dipercaya begitu saja. Mengutip keterangan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia, menggunakan jaringan ini sama halnya dengan mempercayakan jalur koneksi dan data pribadi melalui server milik mereka.

Atau secara sederhana, penyedia layanan bisa saja dengan mudah memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan profiling, mengintip nama pengguna dan kata sandi pengguna, mencuri data-data perbankan, menyisipkan malware, hingga membajak akun Mobile Legends.

Kenapa Mobile Legend Tidak Bisa Pakai VPN Account

Meskipun dapat lebih aman dari jangkauan orang lain di jaringan publik, data pribadi penggemar yang menggunakan layanan VPN dengan reputasi tak terverifikasi sangat rawan di jalur khusus ini.

Oleh karena itu, kamu perlu memilih dan memilah penyedia layanan VPN yang aman untuk mengakses Mobile Legends supaya akun permainan sekaligus data-data pribadi tidak diretas oleh orang tidak bertanggung jawab.

Saya secara pribadi menyarankan kepada kamu yang ingin menggunakan VPN untuk menghindari layanan-layanan gratis dengan kredibilitas kurang baik karena bisa saja mereka menempuh jalan curang untuk memperoleh keamanan.

Selain tidak menjamin keamanan para penggunanya, VPN gratis di sisi lain juga akan menampilkan berbagai macam iklan yang kadang-kadang sangat mengganggu dan menyita sebagian waktu.

Namun apabila terpaksa membutuhkan VPN gratis, kamu dapat memilih penyedia dengan rating dan ulasan tinggi di toko aplikasi atau bisa juga mempertimbangkan beberapa layanan pilihan.

VPN secara umum merupakan sebuah protokol khusus yang dapat membuat transfer data terenkripsi dalam koneksi point-to-poin secara virtual sehingga mengizinkan seseorang mengakses jaringan pribadi di jalur publik.

Selain dapat mengamankan data saat berselancar di dunia maya, jaringan khusus ini dapat membantu kamu untuk memindahkan server ke suatu wilayah tertentu secara virtual.

Kenapa Mobile Legend Tidak Bisa Pakai VPN Network

Seperti apa yang dijelaskan di awal, pemindahan ini secara khusus akan mengizinkan kamu mengakses pertandingan dari regional atau negara lain serta menghindari jaringan lokal yang sedang sibuk sehingga transfer data antara aplikasi dan server permainan bisa berjalan lebih lancar.

Apakah menggunakan VPN diizinkan di permainan Mobile Legends? Selama Moonton belum melarangnya secara resmi, hal tersebut bagi saya merupakan metode yang legal apalagi jika tujuannya adalah untuk mengamankan akun dan membuat permainan berjalan lebih lancar.

Di sisi lain, pemberitaan mengenai rencana pemblokiran akun Mobile Legends yang tercatat menggunakan VPN hingga sekarang masih sekedar Hoax karena Moonton belum mengkonfirmasi apapun mengenai hal itu.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment