Dimana Tempat Menyimpan Data Permainan Mobile Legends?

Tempat Menyimpan Data Mobile Legends Bang Bang Header

Gametren – Berbeda dari kebanyakan gim Android pada umumnya, kamu tidak akan menemukan berkas berekstensi OBB permainan Mobile Legends: Bang Bang yang biasanya berguna untuk menyimpan data.

Hal ini dikarenakan Moonton menggunakan cara cukup berbeda dalam melakukannya dimana mereka menyimpan berkas data seperti aset permainan di lokasi lain dengan format non-OBB.

Beberapa penggemar pada halaman komunitas Mobile Legends yang pernah saya temui bahkan menyebut data-data tersebut tersimpan sangat dalam di perangkat sehingga memerlukan akses root saat ingin menemukannya.

Namun, benarkah demikian? Apakah tempat menyimpan data-data permainan Mobile Legends benar-benar sulit untuk ditemukan? Apakah kita tidak bisa mengirimkannya ke perangkat lain selayaknya berkas berekstensi OBB?

Untuk mengobati rasa penasaranmu, mari kita bahas secara detail mengenai tempat Moonton menyimpan berbagai macam data dan aset permainan Mobile Legends pada artikel kali ini.

Meskipun meletakkannya pada lokasi berbeda dari kebanyakan aplikasi gim, Moonton sebenarnya menyimpan data-data permainan Mobile Legends tak jauh dari folder OBB biasanya.

Para penggemar dalam hal ini pun tidak memerlukan proses rooting yang berbahaya untuk mengakses data-data tersebut sehingga bisa dengan mudah berbagi aset aplikasi ke perangkat lain.

Yang mana untuk mengaksesnya, kamu hanya perlu membuka aplikasi File Manager dalam handphone (seperti My Files di perangkat Samsung Galaxy), kemudian masuk ke bagian Android > Data dan mencari folder com.mobile.legends di penyimpanan internal.

Tempat Menyimpan Data Mobile Legends - My Files

Dalam folder com.mobile.legends inilah Moonton menyimpan berbagai macam data seperti map, skin, hingga karakter permainan MOBA yang menjadi senjata andalannya menaklukkan industri gim seluler.

Kamu yang ingin memindahkan data permainan ke perangkat baru supaya mereka tidak perlu mengunduh ulang semuanya dapat mengirimkan seluruh isi folder tersebut untuk melakukan hal itu selayaknya berkas OBB di gim lain.

Secara khusus dalam hal ini, penggemar tentu memerlukan aplikasi pihak ketiga seperti SHAREit untuk melakukannya karena mereka tak hanya harus mengirimkan folder tersebut melainkan juga berkas APK dari aplikasi Mobile Legends.

Namun perlu diingat, kamu juga perlu menautkan data akun ke layanan yang disediakan oleh Moonton agar dapat memindahkan semua progres permainan ke perangkat barunya.

Menurut saya pribadi berdasarkan teori pengembangan aplikasi Android dengan Unity, Moonton memilih untuk menyimpan data Mobile Legends dengan metode tersebut karena fleksibilitasnya.

Berbeda dengan OBB yang tersedia secara tunggal, metode yang dipilih oleh Moonton akan membagi aset dan data permainan menjadi beberapa berkas berdasarkan jenis maupun fungsinya sehingga bisa diunduh secara bertahap.

Dengan demikian,  kamu dapat memainkan Mobile Legends tanpa menunggu proses pengunduhan data benar-benar selesai seperti apa yang bisa dinikmati sekarang ini.

Keuntungan tersebut tentunya tidak dapat dilakukan jika Moonton menyimpan semua datanya dalam satu berkas OBB karena secara teori baru akan muncul setelah proses pengunduhan selesai.

Apabila berkas OBB belum muncul, aplikasi memang dapat berjalan tetapi hanya akan menampilkan tampilan pertama yang biasanya berisi halaman progres pengunduhan data hingga selesai.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment