ASUS Vivobook X BAPE

Sony Akan Bawa Lebih Banyak Eksklusif PlayStation ke PC, Bagaimana dengan PlayStation 5?

Sony Akan Bawa Lebih Banyak Gim Eksklusif PlayStation ke Komputer Header

Gametren – Sony berencana untuk membawa lebih banyak gim eksklusif PlayStation ke perangkat komputer di masa mendatang untuk meningkatkan jumlah pengguna aktif dalam rangka mendongkrak keuntungan.

Informasi mengenai rencana tersebut baru saja terungkap dalam laporan setahun penuh Sony yang mana di dalamnya mencakup pembahasan mengenai pendapatan di semua divisi, termasuk PlayStation.

Dalam laporan itu, Sony mengungkapkan bahwa mereka akan memperluas sejumlah judul eksklusifnya ke platform komputer untuk mendorong lebih lanjut profitabilitas perusahaan.

Sony sendiri memang akan menargetkan pertumbuhan pengguna aktif agar dapat meningkatkan arus kas selain menciptakan retensi lebih kuat dan siklus konversi kas yang pendek.

Yang cukup menarik, Sony menganggap bahwa gim daring komputer serta sejumlah pemain dari industri lain memaksa mereka untuk terus berinovasi dan mengembangkan platform PlayStation.

Meski demikian, Kotaku menandai bahwa gim-gim eksklusif untuk PlayStation 5 seperti Horizon Forbidden West atau Spider-Man: Miles Morales tidak akan serta-merta tersedia untuk komputer saat meluncur pertama kali.

Menurutnya, perusahaan teknologi asal Jepang itu sudah sangat paham mengenai kekuatan eksklusivitas konsol sehingga tampaknya mereka tidak akan mengubah hal tersebut di masa mendatang.

Kotaku menduga bahwa perusahaan itu kemungkinan besar akan memikirkan bagaimana sejumlah judul lawasnya seperti Spider-Man atau God of War bisa mendapatkan kesempatan kedua untuk hidup dan menambah keuntungan.

Apalagi dalam hal ini, dua judul eksklusifnya (Horizon Zero Dawn dan Death Stranding) yang meluncur ke komputer beberapa waktu lalu berhasil memuncaki pasar Steam pada bulan Juni dan Juli 2020 kemarin.

Bisnis PlayStation memang masih menjadi senjata andalan Sony untuk mendulang pundi-pundi pendapatan meski dalam catatannya mereka pun mengalami sedikit penurunan pada tahun 2019 jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sesuai dengan data yang diungkapkan oleh Sony, perusahaan itu kini diperkirakan memiliki sekitar 113 juta pengguna aktif PSN (PlayStation Network), 45 juta pelanggan PS+ (PlayStation Plus), dan 2,2 juta anggota PS Now (PlayStation Now).

Namun tentu saja, hal tersebut belum cukup. Mereka masih ingin membuat perusahaan terus tumbuh di mana secara fundamental harus ditempuh dengan terus berinovasi dan berkembang.

Mereka dalam hal ini bahkan bermaksud untuk melakukan investasi proaktif untuk memperkuat kekayaan intelektual konten, bekerja meningkatkan nilai merek, mendorong komunitas dan keterlibatan pengguna, sekaligus membuat layanan DTC lebih dekat dengan pengguna.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment