ASUS Vivobook X BAPE

Menarik!! PlayStation 5 Bisa Saja Mendukung Gim dari PlayStation 1, 2, dan 3

PlayStation 5 Main Gim PlayStation 1 Hingga 3 Header

Gametren – Sebuah paten baru saja mengungkapkan bahwa PlayStation 5 yang akan segera meluncur bisa saja memuat sebuah fitur untuk memainkan gim-gim klasik dari konsol generasi 1 hingga 3.

Paten mengenai fitur unik ini diungkapkan oleh seorang pengguna Twitter dengan akun @Renka_schedule pada tanggal 4 Juli 2020 kemarin dalam sebuah utas berbahasa Jepang.

Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, utas tersebut secara umum menandai bahwa sejumlah gim dari PlayStation 1 hingga 3 akan bisa disimpan di dalam perpustakaan cloud gaming.

Para penggemar kemudian bisa memainkan gim dari konsol-konsol lawas itu melalui mesin virtual yang dirancang untuk meniru sistem operasi dari masing-masing perangkat.

Dengan melampirkan tautan ke dokumen paten secara lebih lengkap, @Renka_schedule juga menunjukkan bagaimana PlayStation Store memiliki dukungan demo singkat yang bisa digunakan oleh penggemar mencoba gim sebelum membelinya.

Jika paten mengenai fitur menarik ini benar-benar diimplementasikan oleh Sony, maka PlayStation 5 secara substansial bakal menjadi konsol dengan utilitas yang lebih baik di bandingkan generasi pendahulunya.

Merujuk keterangan yang termuat di dalam laporan The Next Web, PlayStation sebelumnya memang tampak selalu tertinggal dari Xbox dalam hal kompabilitas sistem terhadap gim-gim klasik dari konsol generasi pendahulunya.

Ketika Xbox One sudah mendukung Blu-ray Disc (BD) dari Xbox dan Xbox 360 misalnya, PlayStation 4 hanya mendukung gim PlayStation 3 melalui layanan streaming PlayStation Now yang secara tidak langsung menuntut penggemar mengeluarkan tambahan biaya untuk memainkannya.

Hadirnya fitur yang diungkapkan melalui paten ini tentu bisa menjadi angin segar bagi para penggemar. Karena salah satu di antaranya, mereka kemungkinan akan memiliki dukungan permainan yang lebih banyak sejak PlayStation 5 meluncur pertama kali.

Di sisi lain, Sony sendiri sudah mengungkapkan satu per satu informasi mengenai konsol baru buatannya itu mulai dari spesifikasi, fitur, hingga desain yang akan diusungnya.

Mereka pun sudah mengumumkan sejumlah gim yang akan mendukung PlayStation 5 seperti Spider-Man: Miles Morales, Horizon Forbidden West, Gran Turismo 7, Ratchet & Clank: Rift Apart, Resident Evil Village, NBA 2K21, Deathloop, dan Hitman III.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment