ASUS Vivobook X BAPE

Apa Itu PS4 HEN? Apa Ada Kekurangannya? Ini Dia Informasinya

Apa Itu PS4 HEN Adalah Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gametren – Saat akan membeli konsol PlayStation 4 (PS4), kamu pasti akan berhadapan dengan sejumlah pilihan dari mulai versi hingga tipe yang harus dipertimbangkan supaya pas dengan kebutuhan.

Salah satu di antaranya pasti harus bingung ketika mengetahui ada yang menjual tentang PS4 HEN dan masih banyak mengetahui apa yang dimaksud dengan versi tersebut.

Secara sekilas, sebagian besar penggemar mungkin sudah bisa menerka-nerka apa itu PS4 Original. Namun, apakah kamu bisa menerka apa itu PS4 HEN serta apa bedanya dengan PS4 Original?

Berbeda dengan ponsel yang memiliki versi KW dan Original, PS4 Original dan HEN tidak merujuk pada perangkat asli maupun palsu karena keduanya memiliki dukungan komponen asli dari Sony kecuali sudah pernah diganti di dalamnya

PS4 Original dan HEN secara khusus hanya memiliki perbedaan di sisi piranti lunak yang mana versi Original hanya bisa digunakan untuk memainkan gim-gim asli sementara versi HEN bisa untuk memainkan gim-gim bajakan.

HEN adalah kependekan kata dari Homebrew Enabler. Bagi kamu yang belum tahu, Homebrew sendiri secara umum merupakan istilah untuk perangkat lunak buatan konsumen yang dirancang agar konsol bisa digunakan secara lebih leluasa.

Istilah ini seperti jailbreak di iPhone atau root di Android, yang notabene biasanya memanfaatkan celah dari firmware lawas secara ilegal untuk melewati pembatasan piranti keras sehingga pengguna bisa mengontrol penggunaan dan memodifikasi perangkat secara penuh.

Atau secara sederhana, PS4 HEN adalah versi konsol yang di dalamnya tertanam sebuah piranti lunak yang akan mengizinkan pengguna memasang dan menjalankan gim dari sumber yang tidak semestinya (di luar Blu-ray Disc atau PlayStation Store).

PS4 HEN Adalah - Daftar Gim

Hal ini memungkinkan pengguna bisa memainkan gim-gim kesayangannya secara ilegal tanpa perlu mengeluarkan biaya sebagaimana mestinya ketika menggunakan PS4 Original.

Meskipun demikian, PS4 HEN memiliki katalog gim yang jau lebih terbatas karena konsolnya hanya bisa menjalankan gim yang cukup lawas. Karena menggunakan celah dari firmware lama, konsol PS4 HEN tidak akan mendukung gim baru yang biasanya membutuhkan dukungan dari firmware teranyar supaya bisa dimainkan.

PS4 HEN juga akan mematikan berbagai macam dukungan daring yang disediakan oleh Sony seperti mode multiplayer, remote play, hingga pembaruan patch atau konten unduhan di dalam gim.

Dengan begitu, para penggemar harus mengurungkan niatnya untuk memainkan gim-gim seperti PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) atau Grand Theft Auto (GTA) V Online ketika memutuskan untuk membeli PS 4 HEN.

Penggemar pun harus melewatkan dukungan PlayStation Plus yang senantiasa menyediakan gim gratis dan diskon pembelian gim berbeda setiap bulan. Meski dalam hal ini, mereka pun harus membayar biaya bulanan.

Maka dari itu, membeli PS4 Original tetap menjadi pilihan yang paling tepat ketika kamu ingin mendapatkan pengalaman terbaik yang ditawarkan oleh salah satu konsol tersukses sepanjang maa ini. Jauh lebih banyak hal dan fitur yang harus dikorbankan untuk digantikan dengan satu keuntungan yang tentu saja juga tidak memberikan pengalaman sebagaimana harusnya.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment