ASUS Vivobook X BAPE

Kongregate Tidak Lagi Akan Menerima Gim Baru

Kongregate Header

Gametren – Platform distribusi gim berbasis web, Kongregate, kini akhirnya memutuskan untuk tidak akan lagi menerima gim baru maupun menambahkan lencana (sistem pencapaian yang dimiliknya) untuk gim.

Sesuai dengan keterangan yang terdapat dalam halaman pengumumannya, perusahaan gim asal Amerika tersebut beralasan bahwa mereka harus berevolusi karena sektor pengembangan gim dengan flash yang mereka tekuni berangsur-angsur mulai menghilang.

Meski tidak menyebutkan secara lengkap perubahan apa saja yang akan mereka lakukan, tetapi keputusan untuk tidak menerima gim baru lagi akan menjadi langkah pertama yang ditempuh oleh perusahaan tersebut.

Keputusan yang cukup mengejutkan ini untungnya tidak akan mempengaruhi para penggemar gim maupun para pengembang gim yang sebelumnya sudah mempublikasikan gim buatannya ke dalam layanan tersebut.

Penggemar dalam hal ini masih bisa bermain dengan perpustakaan yang memuat lebih dari 128.000 gim sementara pengembang masih bisa memberikan pembaruan untuk gim-gim yang telah mereka buat seperti biasanya.

Selain keputusan menutup pintu bagi gim-gim baru, Kongregate juga merencanakan untuk menghapus sejumlah fitur sosial dalam halaman webnya pada akhir bulan ini (sekitar tanggal 22 Juli 2020).

Fitur ruang obrolan menjadi salah satu yang akan terkena imbas dalam hal ini. Kongregate merencanakan untuk menutup ruang obrolan yang tidak terkait dengan gim tertentu (termasuk Badge-of-the-day), beberapa ruang obrolan dari gim tertentu, serta ruang obrolan yang membahas topik di luar gim.

Kongregate juga akan mengubah status sejumlah forum gim menjadi read-only, di mana para administrator masih bisa membuat pengumuman namun para penggemar tidak akan diizinkan untuk membuat post.

Adapun sejumlah forum yang tidak akan terdampak oleh keputusan ini termasuk di antaranya adalah forum untuk Animation Throwdown, Bit Heroes, dan gim-gim buatan Kongregate yang lainnya.

Perubahan yang akan diterapkan oleh Kongregate ke dalam fitur sosial situsnya pun akan mempengaruhi pengguna baru. Para penggemar yang ingin membuat akun baru di Kongregate sekarang perlu memverifikasi alamat email yang digunakan untuk mendaftar.

Kongregate pun mengaku kini mereka akan mengalihkan sumber daya mereka ke pengembangan gim sehingga anggota tim support untuk halaman Kongregate.com pun akan banyak berkurang.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment