Datang Ke Steam, Emulator 3dSen Bisa Ubah Gim 8 Bit NES Jadi 3D

Emulator 3dSen Bisa Ubah Gim 8 Bit NES Jadi 3D Header

Gametren – Emulator Nintendo Entertainment System (NES) bernama 3dSen minggu lalu menyambangi Steam dan menawarkan kemampuan mengubah gim 8 bit menjadi ekosistem gim dengan grafis tiga dimensi (3D).

Emulator yang hadir dalam versi standar dan versi VR (Virtual Realiry) ini memungkinkan para penggemar untuk menikmati sebagian perpustakaan gim dari NES dengan sudut pandang yang tidak biasa.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Kotaku, 3dSen sebenarnya sudah dikembangkan sejak lima tahun lalu oleh seorang pengembang bernama Tran Vu Truc di mana versi awalnya disebut dengan 3DNes.

Dengan kurun waktu pengembangan yang cukup lama, aplikasi ini tampaknya sudah memperoleh berbagai macam tambalan dan jauh lebih bisa digunakan sehingga Tran berani menjualnya ke dalam platform distribusi perangkat lunak seperti Steam dan Itch.io.

Namun selayaknya emulator pada umumnya, penggemar yang membeli aplikasi ini melalui Steam maupun Itch.io masih memerlukan ROM dari gim-gim NES. Untungnya, emulator ini secara umum bisa menjalankan sebagian besar gim NES dengan baik.

Apalagi dari sejumlah gim yang ada, 3dSen memiliki kemampuan untuk memberikan sentuhan 3D kepada sekitar tujuh puluh judul gim berbeda yang sebenarnya terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan perpustakaan gim NES yang berukuran sangat besar.

Tran mengaku kepada Kotaku bahwa mereka memerlukan usaha yang sangat keras untuk mengonversi semua grafis gim NES, bahkan untuk mengubah gim sederhana ke dalam bentuk voxel, poligon, dan skybox.

Ada sejumlah variabel yang diklaim membuat prosesnya terasa sulit. Salah satu di antaranya, proses adaptasi grafis 2D dari gim 8 bit supaya nantinya bisa dirender dalam tampilan 3D adalah bagian yang belum terpetakan.

Meskipun demikian, Tran tetap berencana untuk membawa lebih banyak judul gim NES agar mendukung kemampuan 3dSen dalam mengubah gim-gim 8 bit menjadi 3D yang menjadi daya tarik utamanya.

Emulator langka yang tidak memiliki fokus pada akurasi dan kompabilitas melainkan pada fitur uniknya ini kini sudah bisa dipinang dengan harga Rp 69.999 untuk versi standar dan Rp 108.999 untuk versi VR.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment