Gametren

Mixer Tutup, Facebook Jalin Kerja Sama dengan Facebook Gaming

Mixer Tutup Header

Gametren – Kabar duka dari Microsoft. Perusahaan teknologi tersebut baru saja mengabarkan akan membunuh layanan video siaran langsung khusus gim miliknya, Mixer, pada tanggal 22 Juli 2020 mendatang.

Melalui halaman pengumumannya, Microsoft beralasan bahwa waktu yang diperlukan untuk membangun komunitas Mixer supaya bisa berkembang tidak sesuai dengan visi dan pengalaman yang ingin diberikan perusahaan kepada para penggemar.

Perusahaan yang berada di balik sejumlah platform populer seperti Office, Windows, dan Xbox tersebut untungnya tidak ingin menelantarkan penggemar di dalam komunitasnya karena mereka akan menggandeng Facebook Gaming untuk memberikan pelayanan yang lebih baik.

Microsoft dan Facebook akan membantu siapa saja dari komunitas Mixer yang ingin bergabung menggunakan layanan siaran langsung itu. Hal ini berlaku baik untuk mitra, streamer, atau penggemar.

Menurut Microsoft, hal ini adalah bagian penting dari upaya yang lebih luas dari Xbox dan Facebook Gaming dalam menghadirkan pengalaman dan peluang baru ke seluruh dunia gim mulai bermain, menonton, hingga berinteraksi dengan komunitas.

Sejalan dengan transisi ini, Microsoft akan membuat semua situs dan aplikasi yang terkoneksi dengan Mixer secara langsung mengarahkan pengguna ke Facebook Gaming saat pengguna mencoba mengaksesnya mulai dari tanggal 22 Juli 2020.

Menariknya berdasarkan keterangan yang diungkapkan oleh The Verge dalam laporannya, Microsoft juga tidak akan memaksa para streamer yang memiliki kontrak eksklusif dengan Mixer seperti Tyler “Ninja” Blevins, Cory “King Gothalion” Michael, dan Michael “Shroud” Grzesiek untuk ikut beralih ke Facebook Gaming.

Atau dalam hal ini, mereka diperbolehkan untuk meninggalkan kontrak yang telah ditetapkan sehingga bisa beralih ke platform siaran lain seperti Switch atau YouTube sesuai dengan kehendaknya.

Di sisi yang lain, Vivek Sharma selaku kepala Facebook Gaming juga sudah menegaskan bahwa mereka juga mengizinkan para streamer untuk memilih jalannya sendiri-sendiri berdasarkan prioritas.

Facebook Gaming sendiri merupakan salah satu layanan streaming khusus gim yang cukup menarik. Yang mana berdasarkan data yang diungkapkan Microsoft, layanan ini telah digunakan hingga 700 juta orang setiap bulannya.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment