Gim Steam Bakal Kena Pajak 10 Persen! Yuk Buruan Borong!

Gim Steam Bakal Kena Pajak Header

Gametren – Kamu besok perlu menyiapkan dana lebih ketika akan membeli gim di layanan Steam, karena setiap transaksi di platform distribusi gim tersebut akan mulai dikenai pajak oleh pemerintah.

Jika mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 48/PMK.03/2020 yang baru saja disahkan, pemerintah akan menerapkan kebijakan pemungutan pajak itu mulai tanggal 1 Juli 2020 mendatang.

Bagi kamu yang belum tahu, pajak yang ditarik dalam hal ini merupakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang besarnya 10 persen dari dasar pengenaan pajak atau secara sederhana harga gim itu sendiri.

PPN sebenarnya bukan hal yang baru di Indonesia karena setiap transaksi jual-beli produk maupun jasa sebelumnya juga sudah memasukkan jenis pajak tersebut. Hanya saja selama ini, produk-produk yang disalurkan secara digital belum terkena imbasnya.

Namun dengan resminya kebijakan baru dari pemerintah untuk memungut pajak dari setiap produk digital yang beredar di Indonesia, distribusi gim melalui platform seperti Steam akan menjadi sedikit berbeda.

Apabila sejumlah perusahaan digital masih belum tahu bagaimana mekanisme penarikan pajak untuk setiap transaksi di dalam layanannya, Steam untungnya sudah menjabarkan hal itu di halaman FAQ (Frequently Asked Questions).

Platform yang tampaknya sudah terbiasa dengan penarikan pajak sejak tahun 2015 lalu tersebut akan memberlakukan penarikan pajak secara inklusif di Indonesia. Ini mengartikan bahwa total harga yang harus di bayar saat transaksi pembelian gim sudah termasuk pajak di dalamnya.

Penambahan pajak ini sebenarnya tidak akan berpengaruh besar pada transaksi gim-gim yang dijual murah. Namun untuk gim yang memiliki banderol harga lumayan tinggi, angka sepuluh persen pertambahan pajak bisa membuat harganya melonjak signifikan.

Penggemar yang terbiasa membeli Steam Wallet menggunakan voucher juga harus mulai mewaspadai hal ini. Mereka secara tidak langsung harus membayar pajak sebanyak dua kali karena pembelian voucher Steam Wallet biasanya sudah dikenai pajak.

Para penggemar untungnya masih diberi kesempatan untuk memborong semua gim yang diinginkan. Mereka masih memiliki waktu lebih dari seminggu untuk melakukan hal tersebut sebelum harga gim meningkat.

Akhir bulan Juni 2020 ini pun akan menjadi waktu yang pas untuk memborong gim di Steam. Platform gim tersebut kabarnya akan menggelar acara bertajuk Steam Summer Sales 2020 yang akan memberikan potongan harga secara besar-besaran mulai tanggal 25 Juni 2020 mendatang.

Sukindar

Penulis Gametren dengan domisili terjauh saat ini yaitu di Jogjakarta. Sukindar banyak menulis seputar kabar terbaru di dunia game.

Add comment