The Medium – Game Horror Psikologis Rasa Silent Hill Dari Bloober Team

The Medium Header

Gametren – Dikembangkan oleh Bloober Team, The Medium resmi diperkenalkan untuk PC dan Xbox Series X dengan waktu rilis musim libur 2020.

Pada ajang presentasi online, Xbox Inside, The Medium menunjukkan eksistensi pertamanya dengan memperlihatkan tampilan visual yang tergolong unik dan mencekam. Suatu hal yang memang sering menjadi senjata utama dari sang pengembang.

Bagi kamu yang belum tahu, Bloober Team merupakan pengembang dari game-game yang belakangan ini kerap mendapatkan resepsi positif seperti Layers of Fear, Observer, dan Blair Witch sebagai entri terbaru mereka.

Pengembang asal Polandia ini berupaya untuk menghadirkan game dengan tema utama yang dapat mendorong kreativitas seperti yang terlihat game sebelumnya. The Medium sendiri merupakan game psychological horror dimana perspektif dapat mengubah persepsi.

Pemain akan mengendalikan karakter bernama Marriane, seorang Medium yang dapat melintas antara dunia nyata dan dunia roh. Dari trailer yang diperlihatkan, seorang wanita tengah berdoa di dalam gereja dan dunia berubah menjadi mencekam layaknya neraka ketika ia keluar.

Ide tersebut bisa dikatakan mirip dengan Silent Hill dimana dunia seketika dapat berubah seperti layaknya berada di neraka. Hal ini mungkin bukan kebetulan karena Peter Babieno selaku pendiri Bloober Team mengatakan bahwa game ini memang mengambil inspirasi dari seri tersebut.

Menariknya lagi, Bloober Team bahkan berhasil menggandeng Akira Yamaoka yang merupakan komposer Silent Hill untuk ikut bergabung menggarap The Medium dalam menghadirkan “dual score” di The Medium.

TheMedium Xbox Inside Reveal

Seri Silent Hill sendiri memang sudah cukup lama vakum di dunia gaming setelah proyek sebelumnya yang dikerjakan oleh Hideo Kojima harus kandas. Bagi para gamer yang kangen dengan dunia tersebut rasanya dapat melepas sedikit dahaga melalui The Medium.

Apalagi game besutan Bloober Team sebelumnya yang juga mengambil genre psychological horror menawarkan sesuatu yang berbeda dengan twist yang bisa membuat pemain akan mengerutkan dahi dibandingkan game horror yang ada saat ini.

Satu hal yang pasti, Bloober Team sangat apik sekali dalam menghadirkan atmosphere yang mencekam dan membuat gelisah secara psikologis tanpa melemparnya ke muka pemain secara langsung. Maka dari itu, The Medium rasanya patut untuk ditunggu bagi para gamer pecinta horror.

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

Add comment