Gametren

Last of Us II Ditunda, Sony Refund Semua Gamer yang Pre-Order Digital

Last of Us 2 Ellie Header

Gametren – Wabah Covid-19 yang tengah menjadi pandemi dunia mempengaruhi berbagai sektor industri termasuk game.

Kabar yang satu ini pasti akan membuat banyak gamer kecewa karena pasalnya Sony mengumumkan bahwa Last of Us II telah ditunda hingga masa yang tidak ditentukan. Yak… bukan delay biasa, tetapi tidak diketahui kapan tanggal rilisnya.

Bahkan pihak Sony pun menarik halaman Last of Us II dari PlayStation Store, mengindikasikan bahwa game memang belum siap. Walaupun begitu, halaman resmi dari Last of Us II masih dapat tetap diakses.

Game garapan Naughty Dog ini sendiri awalnya direncanakan akan rilis pada tanggal 29 Mei 2020. Namun akibat wabah Covid-19 yang mengharuskan berbagai negara melakukan social distancing, akhirnya pengembangan Last of Us II turut mengalami kendala.

Masalah ini seperti tidak hanya dari sisi developer saja, melainkan juga soal distribusi maupun produksi versi fisik karena banyak pabrik yang ikut tutup. Apalagi Last of Us II menyiapkan berbagai jenis edisi seperti Collector’s Edition yang penuh merchandise.

Kabar baiknya, Sony beritikad baik untuk mengembalikan dana dari seluruh gamer yang sudah melakukan pre-order Last of Us II maupun Iron Man VR yang mengalami hal serupa. Nantinya gamer yang telah melakukan pre-order akan menerima email dari pihak Sony untuk kejelasan lebih lanjut soal refund atau pengembalian dana.

Last of Us 2 Refund Delay

Selain kedua judul game ekslusif tersebut, Sony pun tengah mempersiapkan Ghost of Tsushima yang dijadwalkan meluncur pada bulan Juni mendatang. Namun, baik Sony maupun Sucker Punch belum angkat bicara apakah game akan ikut diundur atau tidak. Semoga saja tidak.

Walaupun begitu, Neil Druckmann selaku Creative Director pada Official PlayStation Blogcast mengatakan bahwa situasi terus berubah dan bisa saja Last of Us II hanya dirilis dalam bentuk digital.

Pastinya Covid-19 mulai memberikan dampak yang dirasakan oleh para gamer. Apalagi Sony maupun Xbox tengah mempersiapkan konsol terbaru mereka, PlayStation 5 dan Xbox Series X, untuk musim libur akhir tahun ini. Apakah kehadiran konsol generasi terbaru tersebut akan turut ditunda?

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

Add comment