Gametren

Cara Mengatasi HP Yang Lemot Saat Main Game Free Fire Agar Lebih Lancar

HP Lemot Main Game Free Fire Garena Header

Gametren – Free Fire merupakan aplikasi permainan Battle Royale yang membutuhkan perangkat mumpuni untuk bisa menjalankannya dengan lancar.

Game merupakan salah satu aktivitas yang bisa dikatakan cukup berat dibandingkan aplikasi pada umumnya karena membutuhkan banyak sumber daya. Hal ini dikarenakan game mengharuskan smartphone mengolah grafis secara real time untuk bisa menampilkan konten yang ada dihadirkan.

Maka dari itu, game juga dapat menguras baterai dengan lebih cepat dikarenakan smartphone diharuskan bekerja secara terus menerus. Ditambah lagi kebanyakan game yang beredar saat ini membutuhkan koneksi internet untuk bisa dimainkan.

Kombinasi ini tentu saja menjadi beban tambahan yang signifikan di samping sistem operasi yang juga membutuhkan sumber daya dari sebuah smartphone. Memang ada beberapa game yang terbilang ringan, namun Free Fire besutan Garena tidak masuk ke dalam golongan tersebut.

Sebagai game yang menyajikan gambar 3D dengan tampilan lebih realistis, Free Fire pastinya memerlukan smartphone yang bertenaga untuk bisa menjalankannya. Jika tidak, maka game akan terasa lag atau patah-patah sehingga akan menggangu kenyamanan.

Lalu adakah cara mengatasi HP yang lemot saat bermain Free Fire agar pertandingan jadi lebih asik? Untungnya ada beberapa cara yang mungkin saja membuat Free Fire berjalan lebih lancar di smartphone kamu.

1. Turunkan Kualitas Grafis Free Fire

Free Fire Graphic Setting

Sama seperti kebanyakan game Battle Royale yang beredar saat ini, Garena memberikan berbagai opsi yang bisa diatur oleh penggunanya. Salah satu di antaranya merupakan opsi Grafis yang akan mengubah kualitas gambar yang ditampilkan.

Semakin tinggi opsi Grafis yang dipilih, maka semakin bagus dan detail gambar yang sajikan sehingga kamu bisa lebih puas memainkannya. Timbal baliknya, pengaturan grafis tinggi membutuhkan kinerja yang jauh lebih tinggi juga.

Oleh karena itu, kamu bisa coba memilih opsi Grafis yang lebih rendah untuk meringankan beban yang harus dijalankan oleh smartphone. Dalam hal ini, pilih grafis Smooth, FPS Normal, dan Shadow Off sebagai pilihan yang paling rendah.

2. Gunakan fitur Game Booster

realme Game Space

Berbagai vendor smartphone kini sudah menyediakan sebuah fitur Game Booster yang digadang dapat meningkatkan kinerja ketika game dijalankan. Contohnya saja MIUI Game Turbo di HP Xiaomi, Game Space dengan Hyper Boost di HP OPPO dan realme, hingga Game Booster pada HP Samsung.

Cara mengaktifkan fitur ini pun mungkin sedikit berbeda, namun biasanya akan otomatis menyala ketika mendeteksi bahwa aplikasi yang sedang dijalankan adalah berjenis game. Walaupun begitu ada baiknya jika kamu mengaktifkannya secara manual dan menyetel sendiri pengaturannya.

Misalnya saja pada HP realme, kamu bisa memilih mode Kompetitif untuk bisa mendapatkan kinerja terbaik. Lalu bagaimana jika smartphone kamu tidak memiliki fitur ini? Tenang saja karena kini ada banyak sekali aplikasi pihak ketiga di Google Play Store seperti Razer Game Booster yang menawarkan hal serupa.

Satu hal yang perlu kamu ketahui, aplikasi seperti ini biasanya hanya mematikan beberapa fitur dan melegakan penggunaan RAM sehingga smartphone mempunyai sumber daya yang lebih banyak untuk menjalankan game. Maka dari itu hasilnya mungkin tidak akan sebaik dengan Game Booster yang sudah tertanam secara langsung di smartphone.

3. Gunakan Jaringan Internet Yang Bagus

Percaya atau tidak, jaringan internet bisa menjadi salah satu alasan kenapa Free Fire tampak seperti lag. Hal ini dikarenakan game online membutuhkan koneksi internet yang stabil agar setiap pemain sinkron melihat hal yang sama.

Jika jaringan kamu sering naik turun, maka gambar yang ditampilkan akan seperti berpindah-pindah sehingga terasa seperti lag. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan operator dengan sinyal yang sangat baik atau terhubung ke jaringan WiFi yang cepat.

Internet yang bagus merupakan salah satu komponen utama yang harus kamu perhatikan ketika ingin bermain game online sehingga jangan dilupakan begitu saja.

4. Jangan Panas! Hindari Main Sambil Cas

Sama seperti perangkat komputer maupun elektronik lainnya, suhu panas akan menghambat kinerja dari suatu komponen. Nah ketika kamu bermain game, smartphone pastinya terasa lebih hangat bukan? Hal ini dikarenakan CPU harus bekerja keras menjalankan suatu game.

Begitu juga ketika mengecas smartphone, komponen baterai akan menjadi lebih hangat karena banyak arus listrik yang melintas. Jika kedua hal tersebut dikombinasikan, maka smartphone kamu akan menjadi sangat panas sekali.

Ketika suhu panas terdeteksi melewati batas aman, berbagai vendor telah mengaturnya komponen CPU agar menghasilkan kinerja yang lebih rendah atau lebih dikenal sebagai throttle. Alhasil, smartphone tidak akan memiliki performa sebagaimana harusnya ketika harus dipaksa seperti itu.

Maka dari itu, hindari juga bermain di bawah terik matahari karena akan membuat smartphone lebih cepat panas. Pastikan juga kamu beristirahat beberapa waktu setelah melakukan beberapa pertandingan agar suhu smartphone kembali normal sebelum lanjut bermain.

Bagaimana jika sudah melakukan semua hal itu tapi Free Fire tetap lag juga? Mau tidak mau kamu harus mengakui kalau smartphone yang digunakan memang tidak mencukupi. Satu-satunya jalan yang bisa ditempuh hanya dengan menggantinya dengan smartphone lain yang lebih bertenaga.

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

2 comments