Gametren

Sony Pamerkan Fitur PlayStation 5 dan Total Pencapaian PlayStation 4

Sony PS5 Logo CES 2020 Header

Gametren – Tidak terasa lagi sebentar lagi Sony akan menghadirkan konsol penerus dari PlayStation 4 yang bisa dikatakan merajai generasi ini.

Menyambut tahun 2020 yang baru saja datang, Sony kini mulai memberikan beberapa godaan mengenai PlayStation 5 yang digadang akan sangat bertenaga. Sebelumnya Sony memang pernah sedikit memberikan bocoran mengenai seberapa cepat solusi penyimpanan yang dihadirkan.

Pada ajang CES 2020 yang biasanya lebih fokus terhadap perangkat televisi, Sony ternyata kembali memberikan sedikit godaan mengenai lima fitur yang akan dibawa oleh PlayStation 5 pada musim libur mendatang.

Seperti yang diketahui, konsol generasi baru ini akan menghadirkan penyimpanan SSD super cepat yang digadang dapat memangkas waktu loading. Menariknya lagi, PlayStation 5 kini akan menggunakan format Ultra HD Blu-Ray yang merupakan evolusi lanjut dari Blu-Ray untuk memberikan kualitas video lebih baik.

PlayStation 5 Fitur CES 2020

Tidak ketinggalan juga teknologi Ray Tracing berbasis hardware serta 3D Audio akan didukung oleh konsol ini. Kedua fitur ini memang tengah naik daun belakangan ini, khususnya Ray Tracing yang dapat memberikan pencahayaan lebih realistis.

Fitur yang terakhir terletak pada bagian kontroler yang akan memiliki haptic / adaptive trigger. Beberapa waktu lalu, pihak Sony memang pernah mengatakan kalau DualShock 5 akan memiliki mekanisme trigger R2/L2 yang mampu memberikan umpan balik sehingga pengguna bisa merasakan seberapa kencang sebuah busur ditarik atau lainnya.

Bersamaan dengan itu, Jim Ryan selaku Presiden dan CEO dari Sony Interactive Entertainment mengumumkan beberapa pencapaian telah diraih hingga tahun 2019 mulai dari penjualan PlayStation 4 yang mencapai 106 juta unit, penjualan games sebanyak 1,15 milyar unit, pengguna aktif bulanan mencapai 103 juta orang, hingga pelanggan PS Plus yang mencapai 38,8 juta.

PlayStation 5 Penjualan CES 2020

Yang paling menarik, PlayStation VR ternyata cukup laris di pasaran karena mampu terjual hingga 5 juta unit. Hal ini membuktikan bahwa antusias terhadap genre VR tidak boleh dipandang sebelah mata.

Fitur-fitur ini tentu saja akan membuat PlayStation 5 sebagai perangkat yang tidak bisa dianggap remeh. Sony pun berjanji akan memberikan informasi lebih lanjut lagi pada bulan-bulan berikutnya dan semoga saja pada ajang State of Play yang rutin diadakan.

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

Add comment