ASUS Vivobook X BAPE

Tips dan Cara Agar Tidak Lag Saat Bermain Garena Free Fire

Cara Agar Tidak Lag Saat Bermain Garena Free Fire Header

Gametren – Garena Free Fire merupakan game yang terbilang tidak terlalu ringan jika ingin bermain dalam kualitas terbaik.

Game Battle Royale yang sangat populer ini memiliki grafis 3D secara menyeluruh yang pastinya membutuhkan kinerja smartphone yang tidak sedikit. Apalagi jika kamu ingin memainkannya pada grafis tinggi yang lebih baik serta FPS High.

Smartphone kelas atas pastinya dapat menjalankan game satu ini dengan sangat mudah. Namun bagaimana dengan smartphone kelas menengah atau bahkan kelas bawah?

Tentu saja kamu belum tentu bisa menggunakan pengaturan grafis tertinggi tersebut. Bahkan tidak jarang beberapa smartphone kewalahan untuk bisa memainkannya sehingga menyebabkan lag yang akan menghambat kenyamanan bermain.

Nah bagi kamu yang mengalami hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar tidak lag ketika bermain Free Fire.

Cara Agar Tidak Lag Saat Main Free Fire

Salah satu hal utama yang harus kamu lakukan tentu saja menurunkan kualitas grafis dari Free Fire dari yang direkomendasikan secara otomatis ketika game dijalankan pertama kali. Jika kamu direkomendasikan untuk bermain dalam grafis Medium, maka tidak ada salahnya jika kamu turunkan pada grafis Low.

Namun, pastikan kamu setidaknya menggunakan Frame Rate Medium karena ini akan mempengaruhi seberapa mulus pergerakan animasi. Hanya saja pengaturan yang satu ini akan lebih menguras baterai smartphone.

Bagaimana jika sudah menurunkan kualitas grafis tetapi masih lag? Untuk itu, kamu bisa coba untuk melepaskan RAM yang tengah digunakan. Beberapa smartphone telah menyematkan fitur pemeliharaan yang bisa kamu gunakan.

Misalnya saja pada smartphone Samsung, kamu bisa mengakses Device Care dan memilih opsi Memori untuk memberhentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang latar.

Bagaimana kalau ternyata masih lag juga? Itu berarti tandanya smartphone yang kamu gunakan memang tidak bisa menjalankannya secara benar-benar lancar. Untuk itu, tidak ada cara selain membeli smartphone yang lebih bertenaga.

Walaupun begitu, seharusnya smartphone kelas bawah sekarang ini setidaknya sudah cukup untuk bermain game Free Fire secara lancar di pengaturan grafis Low. Apalagi kalau kamu menggunakan smartphone dari merek seperti realme atau Redmi yang memang menawarkan kinerja cukup mumpuni dengan harga yang lebih terjangkau.

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

1 comment

  • saya ingin membuat akun vk karna akun facebook yg sudahsaya kaitkan di akun mobil legens saya kena hacker orang yang tida bertanggung jawab