Gametren

PlayStation 5 Diumumkan Akan Hadir Pada Musim Libur 2020

Sony PlayStation Logo

Gametren – Kehadiran konsol generasi terbaru selalu sangat ditunggu-tunggu oleh para gamer yang penasaran inovasi apa yang akan dihadirkan selanjutnya.

Sebagai penerus dari PlayStation 4 yang merupakan salah satu konsol dengan penjualan terbaik sepanjang masa, kehadiran PlayStation 5 menjadi yang paling menarik perhatian. Apalagi kabarnya konsol besutan Sony tersebut akan menawarkan kinerja yang sangat bersaing dengan platform PC.

Dengan mulai semakin panasnya isu kehadiran konsol generasi terbaru, Sony akhirnya memberikan kabar bahwa PlayStation 5 akan meluncur pada musim libur tahun 2020. Bersamaan dengan itu, Sony pun membeberkan beberapa fitur yang akan menjadi andalannya.

Ray-Tracing yang merupakan teknologi pencahayaan realistis akan didukung secara langsung oleh hardware PlayStation 5, bukan sebatas software saja. Seberapa baik performanya tentu patut untuk ditunggu mengingat teknologi ini dapat memangkas total FPS hingga setengahnya untuk game saat ini.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik merupakan kemampuan untuk install game hanya sebagian saja. Sama halnya seperti PlayStation 4, game harus di-install terlebih dahulu sebelum bisa dimainkan. Hanya saja pada konsol terbaru ini, kamu bisa hanya install bagian multiplayer saja jika menginginkannya.

Tentu saja itu akan menjadi fitur yang sangat bermanfaat, khususnya bagi kamu yang memang hanya mengejar mode multiplayer saja pada game-game tertentu. Apalagi ditambah solusi penyimpanan SSD super cepat yang telah dipertunjukkan sebelumnya dapat memangkas proses loading menjadi jauh lebih singkat.

Di samping kabar soal konsolnya, Sony pun memberikan sedikit bocoran mengenai kontroler terbarunya. Masih mengusung desain yang menyerupai DualShock 4, hanya saja kali ini akan ada sebuah lubang kecil yang fungsinya masih dirahasiakan.

Selain itu, kontroler terbaru ini akan mempunyai adaptive trigger yang akan memberikan ketahanan berbeda ketika ditekan sehingga memberikan pengalaman yang lebih nyata ketika menggunakan busur atau senjata serta peningkatan haptic feedback yang lebih baik dibandingkan efek getar yang ada saat ini.

Yang tidak kalah pentingnya, kontroler ini juga sudah menggunakan konektor USB-C dan memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, namun dengan bobot yang masih lebih ringan dibandingkan kontroler Xbox saat ini.

Sayangnya hingga saat ini Sony belum mau membuka seperti apa bentuk PlayStation 5. Walaupun begitu, sebelumnya sudah ada bocoran mengenai bentuk dev kit PlayStation 5 yang dikirimkan ke para developer.

[sumber: gematsu]

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

Add comment