Gametren

Apple Arcade Resmi Diperkenalkan, Layanan Gaming Berlangganan yang Bebas Iklan

Apple Arcade Header

Gametren – Ada satu hal yang cukup menarik saat Apple memperkenalkan smartphone terbaru mereka pada event yang di adakan pada tanggal 19 September 2019 lalu.

Mengikuti tren layanan subscription atau berlangganan yang mulai dihadirkan oleh berbagai perusahaan besar, kini giliran Apple yang meluncurkan sebuah layanan berlangganan bernama Apple Arcade bagi para gamer.

Apple Arcade ini merupakan layanan gaming yang memungkinkan pelanggannya memainkan lebih dari 100 games berbayar di berbagai perangkat Apple mulai dari iPhone, iPad, Mac, dan Apple TV. Biaya berlangganannya sendiri $4.99 atau sekitar Rp 70 ribu jika dirupiahkan.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu dapat bermain di satu perangkat dan melanjutkannya kembali di perangkat lainnya. Bahkan pihak Apple juga mengatakan kalau game tersebut tetap bisa dimainkan saat tidak terhubung ke internet.

Nantinya progress dari game yang telah kamu mainkan secara offline akan disinkronisasi ketika perangkat kembali terhubung ke internet sehingga kamu tidak akan kehilangan progress. Menariknya lagi, untuk perangkat yang berjalan di iOS 13 bisa menggunakan kontroler PS4 maupun Xbox One.

Apple Arcade Devices

Tentu saja dengan berlangganan layanan ini, game-game yang kamu mainkan tidak akan memiliki iklan mengganggu seperti yang biasanya ditemukan pada game gratisan. Ditambah lagi kamu bisa berbagi layanan ini ke lima anggota keluarga lainnya.

Untuk menarik minat para gamer untuk berlangganan, Apple pun telah bekerja sama dengan beberapa pengembang game ternama termasuk LEGO dan Konami. Kabarnya, game-game tersebut tidak akan tersedia di perangkat lainnya sehingga hanya tersedia di ekosistem Apple saja.

Hadirnya layanan ini sebenarnya terbilang tidak terlalu mengejutkan karena pendapatan Apple dari iTunes terus meningkat setiap tahunnya. Apalagi mobile gaming juga semakin terus berkembang dan masih terbilang cukup baru sehingga masih punya potensi yang sangat besar.

Apalagi Google juga tengah mempersiapkan layanan serupa bernama Stadia yang memungkinkan para pelanggannya streaming game kelas AAA di berbagai perangkat bahkan bisa cukup melalui aplikasi browser.

Sepertinya tahun 2020 akan menjadi tahun yang menarik untuk para gamer karena ada banyak hal-hal yang menarik untuk ditunggu.

[sumber: cnet]

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga aktif memantau perkembangan terbaru di dunia gaming.

Add comment