Ini Alasan Ubisof Ganti Judul Gods & Monsters Jadi Immortals Fenyx Rising

Gametren – Ubisoft seperti memiliki alasan teknis yang membuat mereka harus mengubah judul gim aksi petualangan miliknya dari semula “Gods & Monsters” menjadi “Immortals Fenyx Rising”.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan di dalam laporan TechRaptor, salah satu di antaranya diduga berasal dari perusahaan Monster Energy yang menentang penggunaan merek tersebut pada bulan April 2020 kemarin.

Monster Energy merasa bahwa judul Gods & Monsters yang didaftarkan oleh Ubisoft ke United States Patent and Trademark Office dapat menimbulkan kebingungan terhadap dua entitas terkait.

Apalagi jika melihat sepak terjangnya, Monster Energy memiliki keterkaitan cukup erat di industri gim seperti menjadi sponsor tim dan acara e-sports, mempromosikan merek lewat gim, serta menggunakan merek “MONSTER” pada sejumlah judul permainan.

Dalam surat penolakannya, perusahaan yang memiliki sejumlah merek seperti Monster Army, Monster Energy Drink, hingga Monster Assault ini pun mempercayai bahwa pemakaian judul Gods & Monsters bahkan dapat merusak citra miliknya.

Ubisoft menariknya tetap mengubah judul gim barunya meski sempat menyangkal semua klaim tersebut dalam sebuah jawaban yang dilayangkan oleh perusahaan pada bulan Mei 2020 kemarin.

Pada acara Ubisoft Forward yang digelar pada bulan September 2020 lalu, perusahaan gim asal Perancis itu mengkonfirmasi secara resmi perubahan nama Gods & Monsters.

Namun dalam pengakuannya, perubahan nama menjadi Immortals Fenyx Rising tersebut diklaim bukan karena permasalahan teknis melainkan berkaitan erat dengan visi gim yang terus berkembang.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan Video Games Chronicle, Julien Galloudec selaku direktur pengembangan gim terkait bahkan sudah menjabarkan secara rinci mengenai alasan di balik perubahan nama Gods & Monsters.

Menurutnya, gim barunya telah mengalami banyak perubahan hingga pada titik tertentu membuat tim pengembangan merasa perlu memberikan sebuah nama baru.

Sampai pada akhirnya, Ubisoft memilih nama Immortals Fenyx Rising untuk menyelaraskan perubahan-perubahan yang terjadi dalam pengembangan gim dengan judul awal Gods & Monsters tersebut.

Sebagaimana mana disampaikan oleh IGN, gim Immortals Fenyx Rising sendiri rencananya akan tersedia untuk Google Stadia, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, Xbox Series X, Nintendo Switch, dan komputer pada tanggal 3 Desember 2020 mendatang.

Artikel Terkait